rss

Wednesday, July 15, 2009

Goal Setting


Hasil apapun yang Anda lakukan hanyalah sebaik rencana yang Anda buat sebelum mengerjakannya. Jika Anda bersiap-siap untuk olahraga, pergi berlibur atau memperbaiki mesin maka Anda perlu mengetahui hasil yang Anda harapkan bila kegiatan itu selesai. Kalau Anda mengetahui hasil yang Anda hrarapkan maka Anda memiliki goal.



Steven Covey* menyebutnya 'mengawali dengan memikirkan akhir.'



Goal dapat ditetapkan untuk sebuah tugas - memperbaiki sebuah mesin agar beroperasi sesuai dengan spesifikasi atau untuk sekelompok tugas - merawat sejumlah mesin dalam urutan kerjanya dalam waktu tertentu. Dalam hal kedua tersebut sebuah kerangka goal individu mungkin diperlukan untuk mencapai goal besar. Jika Anda merencanakan liburan Anda mungkin ingin melakukan beberapa hal - perjalanan lewat udara, mencari akomodasi, mengunjungi keluarga dan menghadiri suatu kegiatan. Masing-masing rencana itu menjadi goal kecil dalam goal besar liburan yang sukses. Dengan cara ini maka dapat digunakan sebuah kerangka perencanaan yang akan menuju ke suatu keberhasilan jangka panjang yang kita harapkan.


Dengan kata lain, sebuah goal adalah sebuah target yang kita tetapkan sendiri dan kemudian berusaha untuk mencapainya. Goalnya mungkin merupakan mengakhiri sebuah masa magang, memperoleh pekerjaan khusus atau memiliki penghasilan tertentu. Kita hendaknya memiliki goal di tempat kerja dan hidup kita di luar kerja. Goal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan termasuk memainkan alat musik, berbicara dalam bahasa asing atau melakukan olah raga tertentu. Goal apa yang Anda miliki?



No comments: